Jejaring Mitra Kemanusiaan 1342x dilihat

(0)
Follow
Tentang Perusahaan

Sejarah Keberadaan JMK Indonesia

Humanitarian knowledge Hub atau sekarang juga disebut dengan Jejaring Mitra kemanusiaan (JMK) pada awalnya di inisiasi sebagai upaya berbagi pengetahuan antara mitra-mitra Oxfam yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.  Diskusi dan wacana terkait hal ini mulai dilakukan pada awal tahun 2017. Melalui berbagai pertimbangan dan argumen yang bisa dipertanggungjawabkan, Oxfam menggandeng JEMARI Sakato (Mitra Oxfam di Sumatera Barat) untuk merancang sebuah platform baru yang dapat menguatkan upaya-upaya kemanusiaan yang selama ini di lakukan oleh Oxfam bersama mitra.

Untuk mewujudkan hal ini, Oxfam bersama JEMARI Sakato secara formal mengikat kerjasama melalui LoA antar lembaga untuk program yang disebut dengan Humanitarian Knowledge Hub (KH). JEMARI Sakato selanjutnya membentuk tim program yang di pimpin oleh seorang Program Manager.  Program KH ini dirancang dengan pendekatan Teori Perubahan (Theori of Change) dengan rumusan  tujuan besarnya adalah “Tersedianya pusat jejaring pengetahuan yang menata kelola pembelajaran dan praktek baik dari organisasi mitra”.

Awal program ini ditandai dengan Launching Knowledge Hub pada tanggal 21-25 Agustus 2017 Hotel Puri Artha Jogjakarta.  Partisipan yang hadir sebanyak 48 orang, 24 perempuan dan 24 orang laki-laki, yang berasal dari lembaga mitra Oxfam antara lain  CIS Timor (NTT), JEMARI Sakato, Konsepsi Mataram NTB, Koslata NTB, KPI garut, LP2DER Bima, PKBI Sumatera Barat,PKBI Sumatera Selatan, LP2DER, PKPA Medan, Suar Indonesia, YPPS kupang, YLI, Totalitas Sumatera Barat, KKSP Medan.

Kegiatan Jogja juga menyepakati ide “One Approach Program yang lebih efektif, impactfull dan influence”, agar mitra dapat melakukan hal yang lebih besar, dan memanfaatkan modal finansial dan sumberdaya serta menggunakan jaringan dan pengalaman OXFAM. Disamping itu juga muncul kesepakatan untuk mendokumentasikan pengalaman kerjasama dalam suatu sistem/database/aplikasi melalui pembuatan  wadah pengembangan sumber daya manusia mitra berupa; peningkatan kapasitas mitra, sumber daya, tatakelola pengetahuan dan pengalaman masing-masing mitra.

Kesepakatan lain adalah tentang tiga (3) pilar Knowledge Hub yang akan berjalan secara simultan guna mencapai tujuan program. Ketiga pilar tersebut adalah (1) Tata kelola Jejaring dan Pengetahuan, (2) Advokasi berbasis bukti dan (3) Rekognisi dan dukungan untuk meningkatkan kinerja dan keberlanjutan lembaga. Tiga pilar bukan merupakan tematik yang terpisah, tetapi merupakan fase-fase yang saling berkaitan dan mempengaruhi.

Perjalanan program Knowledge Hub selama lebih kurang 1 tahun (Agustus 2017 – Juni 2018) setidak nya menghasilkan keluaran antara lain  :

  1. Profil 19 Lembaga Mitra, dengan Roaster Tenaga Ahli
  2. Tersedia Perangkat Kelembagaan untuk Menata kelola Pengetahuan dan Praktek Baik (Dokumen SOP, MEAL)
  3. Model Pengambilan Keputusan Berbasis Web (Aplikasi Online)
  4. Standby Agreement untuk Emergency Preparedness and Response (EPR) antara JEMARI Sakato sebagai Penanggungjawab/Host Knowledge Hub dengan 6 (enam)  Lembaga Mitra: PKPA, KKSP, AKSARA, SUAR, LP2DER, CIS Timor

0 Ulasan

Beri Nilai Perusahaan (belum ada ulasan)

Jejaring Mitra Kemanusiaan Memiliki 1 Lowongan

Informasi Perusahaan
  • Total Lowongan 1 Lowongan
  • Alamat Lengkap JMK-OXFAM, Jalan Zebra IV, Birobuli Utara, Kota Palu, Sulawesi Tengah, Indonesia
  • Telepon 0821-8906-3806
  • Lokasi Kerja