ATMI St Mikael Cikarang 161x dilihat

Follow

Tentang Perusahaan

PROFIL

Akademi Tehnik Mesin Industri (ATMI) Cikarang didirikan oleh Romo J.B.Casutt SJ yang merasa bahwa tenaga-tenaga profesional industri yang mampu memacu proses industrialisasi di Indonesia masih belum mencukupi. Atas pertimbangan tersebut, ATMI Cikarang didirikan di kawasan Industri Jababeka, Bekasi dengan tujuan agar dapat lebih erat berhubungan dengan industri secara cepat.

ATMI Cikarang mulai menyelenggarakan Pendidikan Diploma III (D-III) dengan Program Studi Teknik Mesin Industri pada tanggal 1 September 2003. Tanggal 15 Juni 2004 ATMI Cikarang mendapatkan Izin Penyelenggaraan Program Studi dari pemerintah berdasarkan SK Mendiknas No.84/D/O/2004. Dengan adanya izin ini, maka ATMI Cikarang mendapat pengakuan secara resmi dari pemerintah untuk ikut berpartisipasi mengembangkan pendidikan profesional di Indonesia. Pada tanggal 11 Mei 2012, status ATMI Cikarang adalah Terakreditasi BAN PT dengan No.004/BAN-PT/Ak-XII/Dpl-III/V/2012.

VISI MISI

Visi dasar ATMI Cikarang adalah membentuk mahasiswa menjadi manusia seutuhnya, unggul, dan kompeten dalam bidangnya, yang tercermin dalam sikap :

    1. Competentia yaitu disiplin tinggi, ketelitian dan konsisten pada kualitas.
    2. Conscientia yaitu memiliki tanggung jawab moral tinggi.
    3. Compassio yaitu memiliki rasa kepedulian sosial tinggi dan cinta kasih pada sesama, khususnya yang menderita.

Misi dasar ATMI Cikarang adalah membangun masyarakat industri yang adil dan makmur, hormat akan harkat dan martabat manusia, dan bertanggung jawab atas keseimbangan lingkungan hidup melalui pendidikan.

SISTEM PERKULIAHAN

Kurikulum ATMI Cikarang diselenggarakan 6 semester atau dalam 3 tingkat dengan sistem gugur tingkat. Sistem yang dipakai dalam pendidikannya adalah PBET (Production Based Education and Training).

Tingkat 1 : merupakan tahap pendidikan dasar teknik.

Tujuan tahap ini adalah untuk mencapai sense of quality. Dalam tahap ini mahasiswa dididik untuk disiplin, jujur, dan berterus terang. Dari sisi kemampuan berpikir, diharapkan mahasiswa sudah mampu berpikir abstrak, logis terencana , dan mampu berpikir dengan pola problem solving. Dari sisi keterlibatan personal, mahasiswa memiliki komitmen untuk mencapai taget, kesediaan untuk mengambil tindakan bersama, bisa diandalkan, dan memiliki ketahanan mental.

Tingkat 2 : merupakan tahap lanjutan.

Tujuan tahap ini adalah untuk mencapai sense of efficienciy.Dalam tahap ini mahasiswa dididik untuk mampu menilai situasi secara cermat, dan bekerja sama di dalam tim, memiliki tanggung jawab pribadi, dan siap untuk bekerja dengan orang-orang yang memiliki latar belakang usia, pendidikan, dan orientasi nilai yang berbeda.

Tingkat 3 : merupakan tahap akhir.

Tujuan tahap ini adalah untuk mencapai sense of flexibility and innovation. Mahasiswa dituntut untuk kreatif, mampu menghasilkan ide-ide, dan mencari jalan pemecahan suatu masalah dalam situasi yang kompleks. Setelah melewati tahap akhir ini, diharapkan mahasiswa mampu mengambil keputusan dan menentukan jalan untuk mencapainya dengan memperhitungkan risiko-risiko yang ada. Inovasi diharapkan muncul dari kesediaan untuk terus belajar (lifelong learning).

PROGRAM STUDI

TEKNIK MESIN INDUSTRI (TMI)

KOMPETENSI

  • Mampu mengerjakan proses manufaktur mekanik (dengan mesin-mesin konvensional dan CNC) serta mempunyai pengetahuan yang mencukupi untuk berbagai macam proses manufaktur di bidang mekanik, peralatan perkakas presisi, membuat rancangan untuk komponen maupun unit mesin, secara manual, maupun dengan bantuan CAD dan CAM.

  • Mempunyai keahlian praktis dan teoritis di bidang teknik manufaktur dengan berpedoman pada Mutu (Quality), keefektifan biaya (Cost effectiveness) dan ketepatan penyelesaian serta penyerahan hasil kerja (Delivery) dan juga mengetahui metode pemeliharaan dan perbaikan (Maintenance).

  • Memahami etika profesi dan makna kerjasama serta memahami nilai-nilai keselamatan dan kesehatan kerja.

PROSPEK KERJA

  • Perancangan dan pengerjaan perkakas presisi, produk dan komponen industri manufaktur/otomotif.
  • Proses produksi permesinan dan mekanik di industri manufaktur
  • Perawatan dan reparasi mesin dan perkakas produksi
  • Quality Control

TEKNIK MEKATRONIKA (TMK)

KOMPETENSI

  • Mampu mengembangkan sistem proses otomasi yang berhubungan dengan komponen elektronik.
  • Mampu mengembangkan real-time system yang dapat diaplikasikan pada proses manufaktur.
  • Memiliki keahlian di bidang maintenance dan quality control.

PROSPEK KERJA

  • – Perancangan dan pengerjaan perkakas presisi, produk dan komponen industri manufaktur.
  • – Pembuatan sistem yang terintegrasi meliputi mekanika, elektronika, dan informatika.
  • – Perawatan dan perbaikan peralatan serta permesinan.

Perusahaan ini sedang tidak membuka lowongan kerja

Informasi Perusahaan
  • Total Lowongan 0 Lowongan
  • Alamat Lengkap Jl. Kampus Hijau, Simpangan, Bekasi, Jawa Barat, Indonesia
  • Telepon 021 89106413